Cookies for baby Asa

Sebelum sindroma malas menulis blog menjadi prolong, saya harus mencatat resep cookies for baby yang menurut saya cukup berhasil. Sudah beberapa lama saya mencari resep cookies untuk bayi yang kira-kira mudah dan lumer di mulut. Akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada resep banana oat cookies di buku mpasi dr. Tiwi untuk dieksekusi. Resepnya mudah,  tinggal dicampur-campur kemudian dibentuk. Tapi hasilnya tidak sesuai dengan cookies impian saya. Cookies terasa lembek. Saya coba berikan ke bang Asa, habis! Rasanya sih enak, manis murni dari pisang ambon tanpa gula. Kemudian saya coba panggang kembali di oven sampai mengeras, eh malah jadi terlalu keras. Maka cookies akhirnya saya makan sendiri. Bahannya hanya oat yang diblender hingga menjadi tepung, pisang ambon, margarin. Kemudian langsung dicampur hingga kalis dan dibentuk.

Dua hari kemudian saya masih penasaran untuk membuat homemade baby cookies. Maka saya mencoba memodifikasi dari resep kue kering, tapi dibuat lebih sederhana. Kali ini lumayan berhasil meskipun agak lebih keras dari biskuit Milna. Tapi bang Asa suka! Saya juga suka! Berikut saya share resep cookies keju untuk baby Asa.

Bahan :

• 120 gram blueband cake and cookies
• 150 gram tepung terigu protein rendah (saya memakai kunci biru)
• Keju parut sesuai selera
• Gula kastor 1 sdm (saya tidak anti gula garam untuk bang Asa, sedikit saja boleh lah ;D )
• Telur 1 butir

Cara membuat :

• Panaskan oven di suhu 180°C.
• Campurkan blueband dan gula dengan mixer sampai lembut.
• Masukkan telur. Kocok hingga tercampur rata.
• Matikan mixer.
• Masukkan tepung terigu yang sudah diayak (supaya lebih mudah tercampur). Aduk dengan spatula hingga kalis.
• Masukkan keju parut. Aduk rata dengan spatula.
• Cetak. Karena tidak punya cetakan, saya bentuk bulat kemudian ditekan dengan garpu. Jangan terlalu keras dan lama memegang adonan dengan tangan karena suhu hangat dari tangan kita dapat membuat kue menjadi keras.
• Alasi loyang dengan kertas roti dan dioles margarine.
• Panggang di oven dengan suhu 180°C selama 45 menit atau sampai matang. Tergantung karakter oven masing-masing ya..

image
Cookies keju baru keluar dari oven.

Hasil dari resep di atas adalah cookies yang renyah. Rasanya enak tapi masih terlalu keras untuk bang Asa. Belakangan saya baru baca kalau kita menginginkan cookies yang renyah kita pakai tepung terigu protein rendah (misalnya kunci biru). Namun jika kita menginginkan cookies yang lumer di mulut seperti nastar sebaiknya kita memakai tepung terigu protein sedang (misalnya segitiga biru).

Sekian reportase dari saya mengenai cookies untuk bayi. Terus terang saya masih penasaran untuk membuat cookies yang pas untuk bayi, yaitu yang lumer di mulut namun masih bisa dipegang (tidak rapuh). Nanti kalau sudah berhasil akan saya update di sini. Ciao!

Leave a Reply

