MPASI 9 bulan Asa

Saya rasa perlu juga untuk menulis catatan MPASI bang Asa di usianya yang sudah menginjak 9 bulan. Bagi ibu-ibu yang tidak idealis untuk memberikan 100% homemade baby food mari merapat. Di tulisan sebelumnya ( MPASI perdana “darurat” Asa ) saya mengatakan bahwa idealisme saya telah runtuh, saya tidak anti bubur bayi instan. Malahan saya berterimakasih ada bubur bayi instan yang telah mewarnai liburan kami selama 10 hari. Yup selama 10 hari bang Asa makan bubur instan hampir setiap hari. Pagi hari makan buah atau sereal atau bubur yang ada di hotel, siang makan bubur instan dari m*lna, c*relac, g*rber, atau h*inz. Tidak lupa dengan biskuit marie s*n, biskuit bayi m*lna, atau kerupuk beras bayi (lupa merknya) sebagai snack. Hanya di hari pertama liburan saja saya membuat bekal sendiri dan disimpan di tas makanan bang Asa untuk makan siang. Sebagai snack saya beli pisang di circle K di bandara. Saya juga tidak anti gula garam meskipun saya tidak pernah menambahkannya ke menu, namun saya sudah memberikan margarine dan keju. Terkadang kalau saya sedang makan ikan panggang, saya ambil dagingnya yang putih di bagian dalam untuk bang Asa makan. Saya juga sudah menambahkan bumbu seperti bawang bombay dan bawang putih. Puji Tuhan bang Asa hampir selalu lahap makan makanan yang saya buat, kecuali saat sedang batuk dan tumbuh gigi. Oh ya, bang Asa sudah punya 6 gigi loh. 😀

Berikut daftar menu mpasi yang telah dilahap bang Asa 9 bulan :
1. Bubur daging sapi buncis wortel
2. Sup kacang merah+buncis+wortel+daging sapi
3. Bubur kacang hijau + santan + keju
4. Nasi tim tahu + bayam/kangkung/sawi hijau+ keju/margarine
5. Tumis buncis + tahu/tempe + tomat dengan margarine, bawang bombay, dan bawang putih (ini sih emaknya juga doyan)
6. Egg custard + pie (telur+susu+margarine dipanggang). Untuk yang ini bang Asa cuma nyicipin dikit koq. Aslinya ini isinya pie susu yang iseng-iseng saya buat. Nggak apa-apa lah ya nyicipin egg custard yang ada susu kental manisnya sedikit. Hehe..
7. sayur bening bayam + keju
8. Ikan panggang (panggang di happy call, tanpa minyak)
9. Sup daging rusa
10. Kuning telur rebus.

Yah kira-kira itu menu yang saya ingat, sebenarnya masih banyak variasi lainnya, improvisasi dari bahan-bahan yang ada di kulkas. Saya belum pernah mengenalkan daging ayam karena saya memang hampir tidak pernah masak ayam, daging ayam mahal sekali di Waingapu. Sekilo 50 ribu rupiah saja kakak.. Jadi saya lebih sering memberi daging.

Untuk karbohidratnya saya berikan oatmeal, brown rice cereal dari g*rber, nasi putih yang sudah disiram kuah dan dipenyetin.

Bersyukur sekali bang Asa termasuk anak yang tidak sulit makan. Saya tidak punya high chair (ada yang mau kirimin gratis ke sumba nggak?), jadi bang Asa disuapi sambil main dan menjelajah satu rumah. Tapi setiap mau menyuap makanannya bang Asa saya pindahkan kembali di tempat yang sama. Jadi mau menjelajah kemanapun, makan tetap di ruang makan. Bahkan terkadang saya hanya perlu memanggil bang Asa dan nunjukin sendok berisi makanannya, dan bang Asa datang sendiri menyambut suapan dari saya, lalu kembali asik menjelajah. Lucu banget melihat bang Asa datang ke saya merangkak atau berjalan sambil mangap-mangap. Oh ya bang Asa sudah bisa jalan beberapa langkah loh. Untuk porsi makan, setengah porsi mangkuk p*geon habis dilahap. Jangan coba-coba dikurangi, bang Asa pasti protes. Ahh anakku sudah bisa protes. Hihi..

Sekian catatan MPASI 9 bulan bang Asa. Ada beberapa menu yang masih pe er untuk saya kenalkan, di antaranya daging ayam dan makaroni. Semoga lahap terus makannya ya bang..

Advertisements

One Comment Add yours

  1. naomitobing says:

    Hihihihi, pernah idealis masak pas liburan, trus lupa nutup tempat makan jadi buburnya dingiiin banget. Kaleb ga mau makan. Bubur instan penyelamatku kala itu. Idealis boleh, nyiksa diri nggak boleh. hihihi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s